Komputer Bekas Apple Generasi Pertama Terjual Seharga 63 Milyar

Sebuah komputer Apple 1 asli yang diproduksi pada 1976 terjual dalam sebuah lelang. Komputer bekas itu laku dengan harga US$ 650 ribu atau sekitar Rp 6,3 miliar.

Pelelangan itu berlangsung di Jerman, Sabtu, 25 Mei 2013. Komputer itu adalah satu dari enam komputer tersisa yang masih bisa digunakan. Apple 1 dirancang dan diproduksi pendiri Apple, Steve Jobs dan Steve Wozniak, di garasi milik orang tua Jobs.

Dilansir situs BBC, dalam lelang, komputer yang motherboard-nya terdapat tanda tangan Wozniak ini akhirnya jatuh ke tangan seorang pembeli asal Asia setelah sebelumnya berhasil memenangkan lelang tersebut. Tahun lalu komputer Apple 1 juga terjual dengan harga yang tidak jauh berbeda yaitu sekitar Rp 6,1 miliar lebih.

Jobs dan Wozniak hanya memproduksi 200 Apple 1. Dari jumlah itu, saat ini di seluruh dunia masih terdapat sekitar 46 komputer jenis itu namun hanya enam unit yang dilaporkan masih bisa bekerja dengan baik.

Bob Luther yang merupakan penulis buku The First Apple menyebut Apple 1 sebagai "koleksi barang teknologi yang suci."

Dalam lelang yang berlangsung di kota Cologne itu, pemenang lelang tidak hanya mendapatkan komputer tetapi juga layar asli, keyboard, tape-player dan sebuah dokumentasi dengan tanda tangan Steve Jobs.

Apple saat ini merupakan pemain utama dalam bisnis produksi telepon pintar dan komputer di dunia.

Namun seiring dengan ketatnya persaingan ketat dalam pasar produk ini, keuntungan mereka dalam kuartal pertama tahun 2013 mengalami penurunan.

Apple hingga akhir Maret kemarin mencatat keuntungan bersih sebesar US$9,5 miliar, turun dibandingkan keuntungan yang dicatat periode yang sama pada tahun lalu yang mencapai US$11,6 miliar.


Source : http://www.tempo.co/read/news/2013/05/27/072483370/Komputer-Bekas-Apple-1-Terjual-Rp-63-Miliar